Renungan Firman

Testimony

The Cross
Tempo doeloe…kita bisanya lihat lambang salib, yang pertama di gedung gereja karena memang salib kayanya udah jadi ‘ornamen’ wajib dalam desain interior gereja, kedua di rumah-rumah orang Kristen dan ketiga di toko-toko buku rohani Kristen.


Tapi sekarang…wuuiihh…dimana-mana kita bisa lihat, karena lambang salib bukan sekedar ornamen penghias gereja semata melainkan juga aksesoris untuk mempercantik diri kita, baik itu berupa liontin kalung, gelang, anting-anting, bross, pin, dll.


Padahal jauh sebelumnya salib dipandang sebagai salah satu bentuk hukuman yang paling kejam dan terkutuk. Karena orang yang menerima

hukuman salib biasanya adalah seorang penjahat besar yang selama ini banyak merugikan masyarakat. Itu sebabnya mereka (para penjahat) itu seakan layak menerima hukuman yang setimpal dengan cara disalibkan. Bukan hanya mereka akan mati secara perlahan karena kehabisan darah dan mengalami dehidrasi, tetapi melalui salib, seseorang akan mati tergantung antara bumi dengan langit, seakan orang yang mati di kayu salib itu adalah orang yang tidak diterima oleh bumi, juga tidak diterima oleh langit…(ih..serem banget kan..)

Sampai satu kali,….(eeng…iing…eeng…)

2000 tahun yang lalu...Seorang Pribadi yang Agung dan Mulia, menanggung kita di kayu salib, seperti nubuatan dalam kitab Nabi Yesaya:

“Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. (Yesaya 53:2-6).

Nah..di bulan paskah ini, kite-kite mau ngajakin loe-loe pade untuk ngerenungin serta jawab pertanyaan ini : “Apa sich arti salib buat loe?”

Kalo loe mengalami kesulitan ‘tuk jawab pertanyaan ini, jangan-jangan loe mulai lupa dengan karya Yesus Kristus yang luar biasa buat hidup kita. Karena di kayu salib itulah Tuhan Yesus menyerahkan Nyawa-Nya bukan hanya untuk menebus kita tapi juga membuat pertukaran dalam hidup kita.

Kita yang harusnya mengalami hukuman, akhirnya mengalami penebusan (II Kor 5:21)
Kita yang harusnya mengalami penderitaan karena sakit penyakit akhirnya mengalami kesembuhan
Kita yang bersalah akhirnya dibenarkan (II Kor 5:21)
Kita yang harusnya mengalami maut (kematian kekal), akhirnya hidup yang berkelimpahan (Roma 6:23)
Kita yang miskin akhirnya menjadi kaya karena kemiskinan-Nya (II Kor 8:9)
Kita yang harusnya dipermalukan akhirnya mendapat bagian dalam Kemuliaan-Nya
Yesus terpisah dari Bapa-Nya supaya kita diterima sebagai bagian dari Keluarga Allah
Kita yang harusnya menerima kutuk akhirnya mengalami berkat.
Semua hal dasyat ini Tuhan Yesus lakukan dengan satu alasan : DIA SANGAT MENGASIHI KITA!

Jadi….tiap kali loe lihat salib,…inget cinta-Nya Tuhan Yesus yang luar biasa buat loe! Sebab cintanya Tuhan Yesus bukan sekedar cinta yang terucap di mulut saja, tetapi cinta yang dinyatakan dengan tindakan yaitu PENGORBANANNYA DI KAYU SALIB UNTUK KITA!

Kalau loe tanya sama Tuhan seberapa besar cinta-Nya buat loe, DIA akan menjawab sambil merentangkan kedua tangan-Nya dan berkata : sebesar ini..lalu DIA MENYERAHKAN NYAWA-NYA UNTUK KITA.
 
Sumber : Dept. Pelayanan Pemuda Remaja GBI

 

 
 

Add comment


Security code
Refresh

Search

We Care of Them

Keluarga / Kerabat Anda menderita gangguan jiwa, ketergantungan NARKOBA, gangguan occultisme, dsbnya?

Prosedur lebih detail dan formulir pendaftaran bisa klik disini

Follow Us

Anda pengunjung ke

View My Stats